Langsung ke konten utama

ETIKA VS HOAX



ETIKA VS HOAX

 
Oleh : Mukhamad Kholil Aswan, S.Kom., M.M 

Penggunaan  teknologi komputer atau gadget merupakan hal wajib dilakukan suatu individu untuk peningkatan informasi, pekerjaan dan membantu produktifitas pengguna dewasa ini. Pengguna komputer dan gadget memiliki sifat penggunaan yang berbeda-beda bisa digunakan untuk hal kebaikan atau di gunakan untuk hal keburukan. Pertanyaanya adalah  apakah semua pengguna melakukannya untuk kebaikan?. Pertanyaan yang reallistis untuk saat ini bawasanya banyak pengguna teknologi komputer dan gadget berupa smartphone atau device lainya di gunakan untuk hal keburukan. Contoh khasus sederhana yang begitu massive adalah penyebaran kebencian atau hoax, hacker, pencurian data, dan cyber crime atau tindakan kriminal lainya. Pertanyaan selanjutnya apakah semua pengguna tidak paham adanya etika sosial yang diterapkan  dan dikedepankan  ketika menggunakan perangkat tersebut ?.
Di indonesia setiap kejahatan yang berkaitan dengan IT dewasa ini meningkat terutama ujaran kebencian atau hoax. Hoax dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah berita bohong[1] yang belum tentu kebenarannya, sedangkan saat ini penyebaran hoax sangat massive kita dapatkan. Penyebaran hoax yang sangat cepat karena di imbangi oleh adanya gadget yang setiap orang sudah memiliki smartphone atau komputer, penyebaran hoax yang cepat tidak di imbangi oleh edukasi atau tata cara pengguna yang baik untuk kemanfaatan yang baik pula. Korban hoax saat ini sangat banyak tidak terkecuali orang yang di anggap punya intelektual tinggi atau pemberi suri tauladan seperti guru dan dosen, dan korban lainya di berbagai lapisan masyarakat.     
Jurnal parkomnas yang ditulisan Christiany Juditha tentang “ Interaksi Komunikasi Hoax di media sosial serta antisipasinya ”[2] mengatakan penyebaran hoax pada tahun 2017 saja dengan terang-terangan di sebarkan untuk menjatuhkan lawan politik dan sosial masyarakat tanpa mengindahakan etika, beliau juga mengatakan tokoh politik dan public figure orang yang rentan di beritaakan hoax. Kejahatan berkaitan dengan IT mungkin tidak semua di paparka akan tetapi mungkin kita lebih fokus tentang etika atau tata cara penggunaan yang baik. Penyampaian tentang etika juga di paparkan oleh Dr. Hendrajaya, M.M salah satu dosen  STIEPARI di mata kuliah Sistem Informasi Manajemen bagaimana seseorang pemakai komputer atau gadget ada tata krama atau etika. Banyaknya penjelasan yang berkaitan dengan etika mungkin sudah di paparkan oleh banyak ahli di bidang IT atau sosial. 
Etika adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.[3] Intinya adalah antara etika berkaitan dengan moral. The Computer Ethics Institute (CEI) menyebutkan bahwa ada 10 etika komputer jika seseorang ingin menggunakan komputer dan gadget lain atau Ten Commandments of Computer Ethics  [4]yang di terbitkan pada tahun 1992. Etika komputer yang ditulis oleh The Computer Ethics Institute menyebutkan banyak hal, salah  satunya  pada point 5 yaitu Thou shalt not use a computer to bear false witness.” atau dalam penafsirannya  jangan  memberikan kesaksian palsu atau berita bohong.
  Jika setiap orang bisa memahami tentang etika dalam mengunakan gadget dan komputer mungkin penyebaran hoax bisa di minimalisir. Tidak ada lagi perpecahan yang diakibatkan berita yang belum tentu kebenaranya. Tidak ada lagi kaum intelektual yang terpapar berita bohong dan menyebar luaskannya, tidak ada lagi fitnah yang mengatasnamanakan kelompok atau individu. Bayangkan jika berita hoax setiap hari diterima tanpa ada filtrasi  atau penyaringan dan berapa banyak opini publik yang di rubah yang bisa memecah belah masyarakat atau individu atas kesalahan berita.
Terakhir dari saya adalah mungkin ada dua cara untuk menantisipasi penyebaran hoax, terinspirasi dari  teori motivasi Herzberg dalam Luthans[5] yaitu memotivasi diri secara intrinsik dan ekstrisik. Motivasi intrinsik adalah cara diri memotivasi untuk memfiltrasi  dengan menanam pemahaman bahwa hoax sama dengan fitnah.   melindungi diri dari hoax dengan pemahaman hoax adalah sesuatu  hal yang buruk dan tidak baik yang dapat memecah belah dari lapisan unsur sosial masyarakat.  Sedangakan memotivasi ekstrinsik yaitu motivasi dari luar diri untuk  melapisi atau menyaring dari berita hoax.  Seperti memanfaatkan aplikasi-aplikasi atau software untuk menyaring berita bohong  salah satu contohnya adalah bisa menggunakan search engine untuk melihat referensi berita, bisa menggunakan situs www.stophoax.id atau aplikasi lain yang bekerjasama dengan kementrian kominfo atau dengan memanfaatkan faktor dari luar diri lainya.
Cara sederhana tersebut memotivasi untuk menangkal hoax dari dalam diri dan memanfaatkan faktor dari luar diri untuk menangkal hoax. Sebelum berinteraksi lebih dengan gadget dan dampak yang akan muncul maka  penerapan etika lebih di utamakan, seperti yang di tulis  The Computer Ethics Institute (CEI) tentang etika harus di terapkan dan cek setiap kebenaran informasi dan menanamkan rasa malu diri untuk tidak menyebarkan hoax. Semoga kita bisa memfilter dan selalu menjaga nama baik terhadap ancaman dari hoax. Karena sejatinya manusia adalah berguna dan bermanfaat dalam hal kebaikan bagi sesama manusia dan mahluk lainya.    

                                                     Oleh: Mukhamad Kholil Aswan, S.Kom., M.M



[2] Christiany Juditha (2018) Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya ; perkomnas : jakarta
[5] Luthans, Fred. 2011. Perilaku Organisasi. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMUTUSKAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN

Memutuskan Bauran Komunikasi Pemasaran Karakteristik bauran komunikasi pemasaran Setiap alat komunikasi mempunyai karekteristik yang unik biayanya sendiri: -           Iklan             Iklan menjangkau pembeli yang tersebar secara geografis. Iklan dapat membangut citra jangka panjang bagi produk atau memicu penjualan yang cepat akan tetapi anggaran setiap iklan mempunyai karakter harga masing2 dan jangkaunya juga berbeda. Observasi yang layak untuk iklan : 1.       Pengulangan – iklan memungkinkan penjualan mengulai pesan berkali-kali, iklan juga memungkinkan embeli menerima dan membandingkan pesan berbagai pesaing. 2.       Penguatan eksprisivitas – iklan  menyediakan peluang untuk mendramatisasi perusahaan  dan produknya melalui penggunaan media cetak, suara, dan warna. 3.       I...

5 LEVEL STRATEGI BISNIS

Five Business – Level Strategies Gambar diatas menunjukkan lima tingkatan business strategy . Sebelumnya, terlebih dahulu kita bahas mengenai keunggulan bersaing ( competitive advantage ). Keunggulan bersaing diterapkan dalam persaingan yang melibatkan banyak segmen pelanggan, baik saat menerapkan cost leadership ataupun differentiation strategy . Sebaliknya, saat menerapkan focused strategy  perusahaan terjun dalam persaingan dengan lingkup dan segmen persaingan yang lebih sempit, ataupun niche market . Dari kelima strategi tersebut, semuanya saling berkaitan dan tidak ada yang lebih baik antara satu dengan lainnya. Keefektifan dari setiap strategi tergantung pada peluang dan ancaman dalam lingkungan eksternal perusahaan dan keunikan sumberdaya perusahaan, kemampuan dan kompetensi inti. Namun sangat penting bagi perusahaan untuk memilih strategi yang tepat sesuai dengan peluang, ancaman dan kompetensi yang tersedia. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci tent...

CERITA LAMA SISA BAHAGIA

CERITA LAMA SISA BAHAGIA 19 oktober 2016 Harapan terlalu tinggi aku sematkan, alunan doa-doa aku harapkan Perbaikan kehidupan yang aku ingini, bukan mimpi yang sesaat pergi Tekat bulat melangkah setelah lulus Madrasah terlempar angin menuju kota seribu makna Air mata tak terbendung atas kasih sayang yang sementara hilang Kau membangkitkan semangatku untuk berubah, berubah menjadi manusia yang berarti. Sangatlah rindu pertama ku jajaki kota istimewa ini, rindu syahdu suara alunan pujian- pujian tuhan saat azan subuh berkumandang. Serasa menghilang apa yang aku biasa rasakan, tak ada yang mampu mengira aku bisa Iya bisa mewujutkan harapan keinginan kecil dari manusia didekatku dulu. Syukur segala apapun yang aku rasakan atas karunia tuhan yang penuh makna. Kau adalah air mata nyata dalam dunia setelah tuhan, terimakasih kau yang penuh keringat menyabarkan ku, menenangkan ku dan selalu mengingatku. Salam doa untuk ku yan...