Langsung ke konten utama

MEMUTUSKAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN

Memutuskan Bauran Komunikasi Pemasaran
Karakteristik bauran komunikasi pemasaran
Setiap alat komunikasi mempunyai karekteristik yang unik biayanya sendiri:
-          Iklan
            Iklan menjangkau pembeli yang tersebar secara geografis. Iklan dapat membangut citra jangka panjang bagi produk atau memicu penjualan yang cepat akan tetapi anggaran setiap iklan mempunyai karakter harga masing2 dan jangkaunya juga berbeda.
Observasi yang layak untuk iklan :
1.      Pengulangan – iklan memungkinkan penjualan mengulai pesan berkali-kali, iklan juga memungkinkan embeli menerima dan membandingkan pesan berbagai pesaing.
2.      Penguatan eksprisivitas – iklan  menyediakan peluang untuk mendramatisasi perusahaan  dan produknya melalui penggunaan media cetak, suara, dan warna.
3.      Impersonalitas – Pemirsa tidak wajib member perhatian atau merespon iklan karena dialog satu arah.
 
-          Promosi Penjualan
            Perusahaan  menggunakan alat promosi penjualan seperti kupon, konten, premi, dan lain-lain. Alat promosi pejualan menawarkan tiga manfaat:
1.      Komunikasi- promosi penjualan meraih perhatian dan dapat mengarahkan konsumen kepada produk.
2.      Insentif – promosi penjuala mencakup beberapa konsensi, pendorong atau kontribusi yang memberikan nilai bagi konsumen.
3.      Undangan – Promsi penjualan mecakup undangan berbeda untuk melibatkan  diri dalam transaksi.
-          Hubungan Masyarakat dan Publisitas
Pemasar cenderung kurang memanfaatkan hubungan masyarakat, tetapi program yang dipikirkan dengan baik dan dikoordinasikan dengan elemen bauran komunikasi lainya bisa sangat efektif, terutama jika perusahaan konsepsi konsumen yang salah.
Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas di dasarkan pada tiga kualitas:
1.      Kredibilitas Tinggi – Kisah dan figure baru lebih autentik dan kredibel bagi pembaca dari pada iklan.
2.      Kemampuan untuk mencapai pembeli – Hubungan masyarakat dapat menjangkau calon pembeli  yang suka menghindari wiraniaga dan iklan.
3.      Dramatisasi – Hubungan masyarakat mempunyai potensi mendramatisasi  prusahaan atau proyek.
-          Acara dan Pengalaman
Keuntungan bagi acara dan pengalaman:
1.      Relevan – Acara atau pengalaman yang dipilih dengan baik dapat dianggap sangat relevan karena kosumen terlibat secara pribadi.
2.      Melibatkan – Berdasarkan kualitas tampilan langsung  dan waktu riilnya, acara dan pengalaman lebih memanfaatkan konsumen secara aktif.
3.      Implisit – Acara merupakan “penjualan lunak” tidak langsung.
 
-          Pemasaran langsung dan Interaktif
 Pemasaran langsung dan interaktif mempunyai banyak bentuk, melalui telepon, online, dan secara pribadi. Mereka berbagi tiga karakteristik berbeda. Pesan pemasaran langsung dan interaktif adalah:
1.      Penyesuaian – pesan dapat disiapkan untuk menarik idividu yang baik.
2.      Terkini  - pesan di sisipkan dengan sangat cepat.
3.      Interktif – pesan dapat diubah tergantung pada resons seseorang.

-          Pemasaran dari mulut ke mulut
Pemasaran dari mulutke mulut juga bisa berbentuk online dan offline. Tiga karateristik penting adalah :
1.      Kredibel –Karena orang mempercayai orang lain yang mereka kenal dan hormat, pemasaran dari mulut ke mulut bisa sangat berpengaruh.
2.      Pribadi – bisa menjadi dialog yang sangat akrab yang mencerminkan fakta, pendapat, dan pengalaman pribadi.
3.      Tepat waktu – terjadi ketika orang menginginkannya dan ketika peling menarik dan sering kali mengikuti acara atau pengalaman. 
-           Penjualan personal
            Alat yang efektif pada tahap proses pembelian selanjutnya, terutama dalam membentuk preferensi, keyakinan dan tindakan pembeli. Penjualan personil mempunyai 3 kualitas berbeda:
1.      Interaksi pribadi – penjualan personil menciptakan episode segera dan interaktif antara dua orang atau lebih, setiap pihak dapat mengamati raeksi pihak lain.
2.      Pengembangan – penjualan personal juga memungkinkan semua jenis hubungan berkembang, mulai dari masalah hubungan penjualan sampai pertemanan pribadi yang dalam.
3.      Respons – pembeli dapat merasa wajib mendengarkan pembicaraan penjualan.
Faktor – faktor dalam menentukan  bauran komunikasi pemasaran  

Perusahaan harus mempertimbangkan beberapa factor dalam mengembangkan bauran komunikasi: Jenis pasar produk, kesiapan konsumen, untuk melakukan pembelian. Tahap siklus hidup produk. Yang juga penting adalah  peringkat pasar perusahaan ;       
-          Jenis pasar produk
 Alokasi bauran komunikasi beragam antara pasar konsumen dan pasar bisnis. Meskipun pemasar lebih sedikit menggunakan iklan  dibandingkan kunjungi penjualan dalam pasar bisnis, iklan masih berperan penting :
·           Iklan dapat memberikan pengalaman terhadap perusahaan dan produknya.
·         Jika produk mempunyai fitur baru, iklan dapat menjelaskan fitur tersebut.
·         Iklan pengingat lebih ekonomis di bandingkan kunjungan penjualan.
·          Iklan yang menawarkan brosur dan mencantumkan nomor telepon perusahaan merupakan cara efektif sebagai petunjuk penjualan.
·         Perwakilan penjualan  dapat menggunakan salinan iklan perusahaan untuk melegitimasi  perusahaan dan produk mereka.
·         Iklan dapat mengingatkan pelanggan bagaiman menggunakan produk  dan meyakinkan merekan tentang  pembelian yang mereka lakukan.   
Empat kontribusi  tenaga penjualan perusahaan yang di latih secara efektif:
1.      Pengkatan posisi stok – wiraniaga dapat membujuk penyalur untuk mengambil lebih banyak stok.
2.      Pemberian antusiasme – wiraniaga dapat membangun antusiasme penyalur dengan mendramatisasikan iklan dan dukungan promosi penjualan terencana.
3.      Penjualan missioner – wiraniaga bisa mendapatkan lebih banyak penyalur.
4.      Menejemen akun kunci – wiraniaga dapat bertanggung jawab untuk menumbuhkan bisnis dengan akun terpenting.
  
-          Tahap kesiapan pembeli
Alat komunikasi mempunyai efektfitas biaya yang beragam dalam berbagai tahap kesiapan pembelian. Dalam sebuah contoh membuktikan iklan dan publisitas memainkan peran  terpenting  dalam tahap pembentukan kesadaran. Pemahaman pelanggan  terutama di pengaruhi oleh iklan dan penjualan personal. Keyakinan pelanggan  dipengaruhi oleh penjualan pesonil. Menutup penjualan dipengarihi oleh penjualan personal dan promosi penjualan. Pemasaran  juga dipengaruhi  oleh penjualan  personal  dan promosi penjualan oleh iklan pengingat. 
-          Tahap siklus produk
Tahap pengenalan : iklan, acara dan pengenalan serta publitas mempunyai efektifitas biaya tertinggi, penjualan personil  untuk mendapatkan distribusi dan promosi untuk mendorong percobaan.
Tahapan pertumbuhan : permintaan mempunyai momentum sendiri pemasaran melalui mulut ke mulut .
Tahap kedewasaan : iklan, acara dan pengalaman promosi beserta kesemuanya semakin penting .
Tahap penurunan : promosi tetap kuat, alat komunikasi lain berkurang dan wiraniaga  member perhatian yang minimal terhadap produk. 


Mengukur Hasil Komunikasi

            Setelah  mengimplementasi  rencana komunikasi, direktur komunikasi harus mengukur dampak terhadap pemirsa sasaran. Anggota  pemirsa sasaran menyadari  atau mengingat pesan, berapa kali mereka melihatnya, poin apa yang mereka ingat, apa yang mereka rasakan tenang  pesan tersebut  dan sikap mereka sebelumnya dan sesudah terhadap produk  dan perusahaan.komunikator  jugja harus mengumpulkan  ukuran prilaku  respon pemirsa, seperti  berapa  banyak orang yang membeli produk , menyukainya dan membicarakannya dengan orang lain.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 LEVEL STRATEGI BISNIS

Five Business – Level Strategies Gambar diatas menunjukkan lima tingkatan business strategy . Sebelumnya, terlebih dahulu kita bahas mengenai keunggulan bersaing ( competitive advantage ). Keunggulan bersaing diterapkan dalam persaingan yang melibatkan banyak segmen pelanggan, baik saat menerapkan cost leadership ataupun differentiation strategy . Sebaliknya, saat menerapkan focused strategy  perusahaan terjun dalam persaingan dengan lingkup dan segmen persaingan yang lebih sempit, ataupun niche market . Dari kelima strategi tersebut, semuanya saling berkaitan dan tidak ada yang lebih baik antara satu dengan lainnya. Keefektifan dari setiap strategi tergantung pada peluang dan ancaman dalam lingkungan eksternal perusahaan dan keunikan sumberdaya perusahaan, kemampuan dan kompetensi inti. Namun sangat penting bagi perusahaan untuk memilih strategi yang tepat sesuai dengan peluang, ancaman dan kompetensi yang tersedia. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci tent...

CERITA LAMA SISA BAHAGIA

CERITA LAMA SISA BAHAGIA 19 oktober 2016 Harapan terlalu tinggi aku sematkan, alunan doa-doa aku harapkan Perbaikan kehidupan yang aku ingini, bukan mimpi yang sesaat pergi Tekat bulat melangkah setelah lulus Madrasah terlempar angin menuju kota seribu makna Air mata tak terbendung atas kasih sayang yang sementara hilang Kau membangkitkan semangatku untuk berubah, berubah menjadi manusia yang berarti. Sangatlah rindu pertama ku jajaki kota istimewa ini, rindu syahdu suara alunan pujian- pujian tuhan saat azan subuh berkumandang. Serasa menghilang apa yang aku biasa rasakan, tak ada yang mampu mengira aku bisa Iya bisa mewujutkan harapan keinginan kecil dari manusia didekatku dulu. Syukur segala apapun yang aku rasakan atas karunia tuhan yang penuh makna. Kau adalah air mata nyata dalam dunia setelah tuhan, terimakasih kau yang penuh keringat menyabarkan ku, menenangkan ku dan selalu mengingatku. Salam doa untuk ku yan...