Memutuskan Bauran Komunikasi
Pemasaran
Karakteristik bauran komunikasi
pemasaran
Setiap
alat komunikasi mempunyai karekteristik yang unik biayanya sendiri:
-
Iklan
Iklan menjangkau pembeli yang
tersebar secara geografis. Iklan dapat membangut citra jangka panjang bagi
produk atau memicu penjualan yang cepat akan tetapi anggaran setiap iklan
mempunyai karakter harga masing2 dan jangkaunya juga berbeda.
Observasi
yang layak untuk iklan :
1. Pengulangan
– iklan memungkinkan penjualan mengulai pesan berkali-kali, iklan juga
memungkinkan embeli menerima dan membandingkan pesan berbagai pesaing.
2. Penguatan eksprisivitas –
iklan menyediakan peluang untuk
mendramatisasi perusahaan dan produknya
melalui penggunaan media cetak, suara, dan warna.
3. Impersonalitas
– Pemirsa tidak wajib member perhatian atau merespon iklan karena dialog satu
arah.
-
Promosi
Penjualan
Perusahaan menggunakan alat promosi penjualan seperti
kupon, konten, premi, dan lain-lain. Alat promosi pejualan menawarkan tiga
manfaat:
1. Komunikasi-
promosi penjualan meraih perhatian dan dapat mengarahkan konsumen kepada
produk.
2. Insentif
– promosi penjuala mencakup beberapa konsensi, pendorong atau kontribusi yang
memberikan nilai bagi konsumen.
3. Undangan
– Promsi penjualan mecakup undangan berbeda untuk melibatkan diri dalam transaksi.
-
Hubungan
Masyarakat dan Publisitas
Pemasar
cenderung kurang memanfaatkan hubungan masyarakat, tetapi program yang
dipikirkan dengan baik dan dikoordinasikan dengan elemen bauran komunikasi
lainya bisa sangat efektif, terutama jika perusahaan konsepsi konsumen yang
salah.
Daya
tarik hubungan masyarakat dan publisitas di dasarkan pada tiga kualitas:
1. Kredibilitas Tinggi
– Kisah dan figure baru lebih autentik dan kredibel bagi pembaca dari pada
iklan.
2. Kemampuan untuk mencapai pembeli
– Hubungan masyarakat dapat menjangkau calon pembeli yang suka menghindari wiraniaga dan iklan.
3. Dramatisasi –
Hubungan masyarakat mempunyai potensi mendramatisasi prusahaan atau proyek.
-
Acara
dan Pengalaman
Keuntungan
bagi acara dan pengalaman:
1. Relevan
– Acara atau pengalaman yang dipilih dengan baik dapat dianggap sangat relevan
karena kosumen terlibat secara pribadi.
2. Melibatkan
– Berdasarkan kualitas tampilan langsung
dan waktu riilnya, acara dan pengalaman lebih memanfaatkan konsumen
secara aktif.
3. Implisit
– Acara merupakan “penjualan lunak” tidak langsung.
-
Pemasaran
langsung dan Interaktif
Pemasaran langsung dan
interaktif mempunyai banyak bentuk, melalui telepon, online, dan secara
pribadi. Mereka berbagi tiga karakteristik berbeda. Pesan pemasaran langsung
dan interaktif adalah:
1. Penyesuaian
– pesan dapat disiapkan untuk menarik idividu yang baik.
2. Terkini - pesan di sisipkan dengan sangat cepat.
3. Interktif –
pesan dapat diubah tergantung pada resons seseorang.
-
Pemasaran
dari mulut ke mulut
Pemasaran
dari mulutke mulut juga bisa berbentuk online dan offline. Tiga karateristik
penting adalah :
1. Kredibel –Karena
orang mempercayai orang lain yang mereka kenal dan hormat, pemasaran dari mulut
ke mulut bisa sangat berpengaruh.
2. Pribadi
– bisa menjadi dialog yang sangat akrab yang mencerminkan fakta, pendapat, dan
pengalaman pribadi.
3. Tepat waktu
– terjadi ketika orang menginginkannya dan ketika peling menarik dan sering
kali mengikuti acara atau pengalaman.
-
Penjualan personal
Alat yang efektif pada tahap proses
pembelian selanjutnya, terutama dalam membentuk preferensi, keyakinan dan
tindakan pembeli. Penjualan personil mempunyai 3 kualitas berbeda:
1. Interaksi pribadi
– penjualan personil menciptakan episode segera dan interaktif antara dua orang
atau lebih, setiap pihak dapat mengamati raeksi pihak lain.
2. Pengembangan
– penjualan personal juga memungkinkan semua jenis hubungan berkembang, mulai
dari masalah hubungan penjualan sampai pertemanan pribadi yang dalam.
3. Respons –
pembeli dapat merasa wajib mendengarkan pembicaraan penjualan.
Faktor
– faktor dalam menentukan bauran
komunikasi pemasaran
Perusahaan harus mempertimbangkan
beberapa factor dalam mengembangkan bauran komunikasi: Jenis pasar produk,
kesiapan konsumen, untuk melakukan pembelian. Tahap siklus hidup produk. Yang
juga penting adalah peringkat pasar
perusahaan ;
-
Jenis
pasar produk
Alokasi bauran
komunikasi beragam antara pasar konsumen dan pasar bisnis. Meskipun pemasar
lebih sedikit menggunakan iklan
dibandingkan kunjungi penjualan dalam pasar bisnis, iklan masih berperan
penting :
·
Iklan dapat memberikan pengalaman terhadap
perusahaan dan produknya.
·
Jika produk mempunyai fitur baru, iklan
dapat menjelaskan fitur tersebut.
·
Iklan pengingat lebih ekonomis di bandingkan
kunjungan penjualan.
·
Iklan yang menawarkan brosur dan mencantumkan
nomor telepon perusahaan merupakan cara efektif sebagai petunjuk penjualan.
·
Perwakilan penjualan dapat menggunakan salinan iklan perusahaan
untuk melegitimasi perusahaan dan produk
mereka.
·
Iklan dapat mengingatkan pelanggan
bagaiman menggunakan produk dan
meyakinkan merekan tentang pembelian
yang mereka lakukan.
Empat kontribusi tenaga penjualan perusahaan yang di latih
secara efektif:
1. Pengkatan posisi stok
– wiraniaga dapat membujuk penyalur untuk mengambil lebih banyak stok.
2. Pemberian antusiasme
– wiraniaga dapat membangun antusiasme penyalur dengan mendramatisasikan iklan
dan dukungan promosi penjualan terencana.
3. Penjualan missioner
– wiraniaga bisa mendapatkan lebih banyak penyalur.
4. Menejemen akun kunci –
wiraniaga dapat bertanggung jawab untuk menumbuhkan bisnis dengan akun
terpenting.
-
Tahap
kesiapan pembeli
Alat
komunikasi mempunyai efektfitas biaya yang beragam dalam berbagai tahap
kesiapan pembelian. Dalam sebuah contoh membuktikan iklan dan publisitas
memainkan peran terpenting dalam tahap pembentukan kesadaran. Pemahaman
pelanggan terutama di pengaruhi oleh
iklan dan penjualan personal. Keyakinan pelanggan dipengaruhi oleh penjualan pesonil. Menutup
penjualan dipengarihi oleh penjualan personal dan promosi penjualan.
Pemasaran juga dipengaruhi oleh penjualan personal
dan promosi penjualan oleh iklan pengingat.
-
Tahap
siklus produk
Tahap
pengenalan : iklan, acara dan pengenalan serta publitas mempunyai efektifitas
biaya tertinggi, penjualan personil
untuk mendapatkan distribusi dan promosi untuk mendorong percobaan.
Tahapan
pertumbuhan : permintaan mempunyai momentum sendiri pemasaran melalui mulut ke
mulut .
Tahap
kedewasaan : iklan, acara dan pengalaman promosi beserta kesemuanya semakin
penting .
Tahap
penurunan : promosi tetap kuat, alat komunikasi lain berkurang dan
wiraniaga member perhatian yang minimal
terhadap produk.
Mengukur
Hasil Komunikasi
Setelah
mengimplementasi rencana komunikasi, direktur komunikasi harus
mengukur dampak terhadap pemirsa sasaran. Anggota pemirsa sasaran menyadari atau mengingat pesan, berapa kali mereka
melihatnya, poin apa yang mereka ingat, apa yang mereka rasakan tenang pesan tersebut dan sikap mereka sebelumnya dan sesudah
terhadap produk dan
perusahaan.komunikator jugja harus
mengumpulkan ukuran prilaku respon pemirsa, seperti berapa
banyak orang yang membeli produk , menyukainya dan membicarakannya
dengan orang lain.
Komentar
Posting Komentar